Tentang

Alkalam.ID merupakan upaya sederhana yang kami hadirkan untuk mengisi ruang dan waktu yang terus menerus dikembangkan hingga menjadi sebuah tempat berbagi inspirasi, serta sebagai wadah yang nyaman untuk menuangkan ide, pengetahuan dan cerita ke dalam tulisan.

Alkalam.ID hadir untuk turut serta mewarnai khazanah keilmuan Islam dengan memahami fenomena-fenomena keberagaman dan keberagamaan kita, serta menjunjung tinggi kebhinekaan sekaligus toleransi antar golongan.

Alkalam.ID berfokus pada tulisan-tulisan yang termasuk ke dalam tema Islam populis yang ada di sekeliling kita. Islam populis yang dimaksud adalah fenomena-fenomena yang sedang menjadi pembicaraan, tren dan/ mewabah pada khalayak umum serta memerlukan tanggapan yang kontekstual. Seperti tema-tema masyarakat milenial Islam populer terkait kehidupan keberagamaan dan keberagaman (hijrah, toleransi, life style, media dan lain sebagainya). Sebab tema-tema populis menuntut kita untuk turut serta menjadi oase di tengah-tengahnya melalui tulisan sebagai sumbangsih pemikiran dan gagasan.

Dengan demikian, yang menjadi prioritas Alkalam.ID adalah tulisan-tulisan yang memadukan antara tema-tema populis tersebut dengan disiplin keilmuan, baik humaniora, saintifik atau sekedar respon sederhana yang kekinian.

Serta yang terakhir, diharapkan Alkalam.ID menjadi sarana belajar dan berkembang bersama dalam dunia literasi Indonesia, di tengah maraknya kecurangan-kecurangan kepenulisan yang merusak citra, dan informasi instan yang tidak dapat dipertangunggjawabkan.