Salam Redaksi

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hai, para pembaca dan penulis yang baik!

Salam Literasi!

Segala puja dan puji bagi Allah Swt yang Maha Pengasih dan Penyayang, karena atas rahmat dan karunia-Nya kami segenap tim Redaksi Alkalam.ID hadir dan ikut serta mewarnai khazanah literasi di Indonesia. Shalawat beserta salam semoga senantiasa tetap terlantunkan kepada nabi Muhammad Saw yang telah memberikan beribu pencerahan pada kehidupan di dunia ini dengan cahaya tauhid serta ajaran-ajaran yang dibawa olehnya.

Berbicara tentang bangsa yang cerdas dan maju, tingginya budaya membaca dan menulis merupakan salah satu indikatornya. Kemajuan suatu bangsa tidak hanya diperoleh dari satu faktor atau satu bidang saja. Pencapaian kesuksesan suatu bangsa adalah hasil sinergisitas dari berbagai bidang keilmuan. Konsep sinergisitas tersebut diperoleh melalui kegiatan-kegiatan yang menunjang, tentu membaca dan menulis merupakan salah satu bagian darinya.

Menyoal budaya membaca dan menulis berarti akan bersinggungan erat dengan istilah literasi. Serta kegiatan literasi merupakan kemampuan membaca, menulis, dan berpikir kritis. Dalam fungsinya, literasi mampu memengaruhi pemikiran seseorang, menumbuhkan budaya kritis hingga melahirkan masyarakat yang cerdas dan memiliki daya saing.

Maka dari itu, lahirnya Alkalam.ID diharapkan mampu turut serta menjaga budaya literasi tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi secara optimal yang ditandai dengan adanya situs website Alkalam.ID. Selain menyajikan kajian-kajian keislaman, Alkalam.ID juga memiliki fokus kajian seputar tema-tema populer yang sedang terjadi dan mewabah di sekeliling kita.

Kami berharap, lahirnya Alkalam.ID ini mampu menjadi ruang belajar bersama dan mendorong paradigma kritis di era revolusi 4.0 ini. Selain memuat tulisan argumentatif yang dapat dipertanggungjawabkan, Alkalam.ID juga berusaha mengemas fenomena yang terjadi di tengah masyarakat ke dalam sebuah tulisan. Pengunjung juga dapat menyambung silaturahmi dengan kami melalui beberapa akun media sosial, seperti Twitter @alkalam_id, Facebook alkalam__id, Instagram @alkalam_id dan E-mail redaksi@alkalam.id.

Kami juga berharap, dengan adanya website ini dapat menyajikan berbagai informasi yang bermanfaat bagi pembaca.

 

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Tim Redaksi Alkalam.ID