Kirim Tulisan

BAGAIMANA MENJADI BAGIAN DARI Alkalam.ID?

Sesuai dengan visi yang kami usung, tulisan-tulisan yang dimuat Alkalam.ID merupakan tulisan-tulisan seputar kajian-kajian Keislaman, Kesusastraan, Kolom, Perempuan, dan Perspektif yang memiliki fokus pada tema-tema Islam populis. Dengan mengedepankan prinsip kebhinekaan, toleransi atas semua golongan dan kemanusiaan.

Kami dengan tegas menolak tulisan-tulisan yang mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Adat), ujaran kebencian, dan hoax.

  1. Tulisan-tulisan yang dimuat di Alkalam.ID adalah tulisan yang memuat tema-tema populis (baca Tentang Alkalam).
  2. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta mudah dipahami. Sesuai EYD/PUEBI dengan format naskah doc (bukan rtf).
  3. Naskah terdiri dari 600-900 kata dan setiap paragraf tidak lebih dari 6 baris, kecuali dalam beberapa rubrik berikut, yaitu Kesusastraan (Kritik Sastra), Perspektif, dan Kolom (Review Buku) terdiri dari 600-1200 kata.
  4. Naskah disarankan menggunakan referensi pada badan tulisan (bodynote) jika diperlukan.
  5. Tulisan merupakan hasil karya sendiri, belum pernah dipublikasikan di media lain, bukan hasil penyuntingan, penerjemahan, dan penduplikatan atas karya orang lain.
  6. Penulis bertanggung jawab sepenuhnya atas tulisan yang dikirimkan kepada Redaksi Alkalam.ID.
  7. Penulis menyertakan biodata singkat, yang terdiri dari bio singkat dan akun sosial media (Facebook, Twitter, dll).
  8. Redaksi Alkalam.ID berhak mengubah, melengkapi, dan memotong, baik judul, paragraf, atau bahkan isi tulisan.
  9. Tulisan dikirim melalui surel ke redaksi@alkalam.id. Dilengkapi dengan rubrik yang dituju pada subjek surel.
  10. Apabila dalam waktu satu Minggu tidak ada jawaban atau tidak dimuat, maka penulis boleh menarik tulisannya kembali.

PENJELASAN RUBRIK

Keislaman: Rubrik ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu a. Syar’iyah yang memuat tentang kajian (hadis, tafsir, sejarah, dan hukum-hukum Islam); b. Ushuliyah yang memuat tentang kajian (tasawuf, hikmah, dan akidah).

Kesusastraan: Rubrik ini adalah wadah yang akan memuat tentang kajian-kajian sastra, seperti sejarah perkembangan sastra, kritik sastra, dan studi tokoh sastra.

Kolom: Rubrik Kolom memuat tulisan-tulisan dalam bentuk opini, reaksi (tanggapan terhadap isu-isu terkini), kajian tokoh, dan review buku.

Perempuan: Di dalam rubrik ini, Alkalam.ID memuat tulisan-tulisan yang mengangkat segala sesuatu tentang keperempuanan.

Perspektif: Rubrik Perspektif merupakan tempat yang kami pilih untuk memuat berbagai tulisan dengan tema-tema populis, baik dari perspektif Islam atau secara umum yang sedang menjadi perbincangan di khalayak umum.